Minggu, 26 Agustus 2012

Memahami Relasi Atribut OWL ( Web Ontological Languange) untuk Kepentingan SNA

OWL yang merupakan singkatan dari Web Ontological Language ( memang sedikit memaksakan singkatan yang harusnya WOL, tapi memang gak lucu juga namanya klo WOL). Dikutip dari tulisan Tao Li, memiliki atribut relasi natural yang dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu :
1. SymmetricProperty
Ini seperti hubungan  pertemanan karena satu kelas, satu daerah, satu umur, satu jenis kelamin. Seperti budi teman daerah ira atau ira teman daerah budi atau hanya sekedar pertemanan saja. ditukar-tukar sama saja artinya.

2. TransitiveProperty
Ini seperti keterhubungan tidak secara lagnsung, atau ada hubungan perantara. misal adi dan budi adalah teman satu kantor. formalnya, adi kerja di kantor pos, budi kerja di kantor pos. sehingga adi dan budi adalah teman dalam satu kantor pos.atau bisa juga seperti dalam jejaring sosial media adalah bentukan dari mutual friend.

3. InverseProperti
merupakan hubungan dua orang yang hubungannya relasinya tidak bisa dibalik. misal adi guru budi, sehingga budi murid adi , tidak bisa dibalik menjadi budi guru adi seperti yang ada pada symmetric. Tapi ada perubahan dari nama relasinya. atau bisa juga hubungan banyak ke 1(n->1) seperti 1 nomor member klub hanya dimiliki oleh satu orang, tapi tidak dengan kebalikannya.

Kepentingannya disini adalah untuk membangun Social Network Analysis(SNA) dengan menggunakan ontology. Sehingga SNA tidak hanya meluli menghitung matriks atau hanya sekedar terdiri dari beberapa node yang terhubung dengan edge, tetapi juga dengan menggunakan ontologi, relasi yang dihubungkan dari node dengan edge bisa memiliki arti yang lebih berarti lagi dalam penelitian untuk pencarian alasan keterhubungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar