Kamis, 23 Agustus 2012

Pencarian Orang Berpengaruh dengan Hubungan Ketertarikan Terhadap Sesuatu

Menurut Paul Greenberg dalam bukunya, Social CRM melibatkan Social Media sebagai alat bantu utamanya.Tertarik untuk mempelajari Social CRM, menggiring pemikiran untuk masuk lebih dalam lagi dalam hal khusus pencarian orang berpengaruh dari data social media."connected by interest" itulah kata kunci dalam pencarian orang berpengaruh atau influential people dalam bahasa inggris.
Mencari orang berpengaruh tentu tidak saja hanya menggunakan data pertemanan saja, sehingga ada parameter uji lainnya yang membuat seseorang tersebut sangatlah berpengaruh. Ya, setelah saya berkeliling menemukan sebuah situs ada sebuah kata yang sangat membuka cakrawala berfikir saya untuk menemukan orang yang berpengaruh, yaitu melalui koneksi berdasarkan kesukaan atau kesenangan. Sebelumnya saya terkungkung dengan Description and Situation nya Peter Mika dan Aldo Gangemi akibat membaca buku Social Network and Semantic Web, melihat sumber tersebut sudah hampir 10 tahun ketika masih menggunakan Friendster, orkut dan belum lahirnya Facebook. Maka harus segera merevolusi sumber yang lebih baru lagi.
Selanjutnya bentuk fisik dari data koneksi antar satu orang dengan orang lain dan dengan kesenangannya adalah pasti dalam bentuk graph. Dalam ilmu graph. Maka umumnya untuk bisa mendapatkan karakteristik node dalam sebuah graph, maka pencarian node yang berkarakter "pengaruh" bisa digunakan rumusan centrality.
Centrality yang umumnya orang pakai untuk mengukur graph yang berisi hanya domain pertemanan saja, kini kita kembangkan dengan mengukur graph yang terkoneksikan antara orang dan kesenangannya. orang dengan group yang diikutinya, orang dengan foto-fotonya, orang dengan sekolahnya ataupun orang dengan pekerjaannya. Hal inilah yang menjadi penelitian lanjutan berikutnya untuk mencari orang berpengaruh dalam suatu graph.
Perlu diketahui, bahwasanya centrality adalah pengukuran suatu node apakah dianggap penting yang relatif terhadap graph. Judul yang menarik untuk penelitan saya "Getting Influential People Connected By Interest and Background". Mencari orang berpengaruh dilihat dari latar belakang dan ketertarikannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar