Kamis, 28 Juli 2016

Memilih Tempat Kerja yang Baik, Perhatikan Poin Berikut!


Memilih tempat kerja yang baik adalah salah satu pertimbangan yang paling menentukan masa depan. Kita pasti mendambakan tempat kerja yang cukup bikin kita nyaman, bukan? Oleh karena itu, sejak awal bahkan saat sebelum interview – telisik informasi mengenai perusahaan yang sedang kamu tuju.
Memang setiap orang punya persepsi berbeda-beda tentang memilih tempat kerja yang baik. Ada yang lebih suka bekerja di gedung perkantoran nan megah, ada yang lebih suka dengan gaji yang tinggi dan banyak lagi. Yang pasti kalau bisa, ya, gabungan dari kelebihan-kelebihan tersebut.
Nah, semoga beberapa poin berikut akan bantu kamu memilih tempat kerja yang sesuai dengan diriku. Yuk, perhatikan beberapa poin berikut!
Tips Memilih Tempat Kerja yang Baik
1.    Sesuai dengan bidang kamu
Yap! Yang pertama kali harus kamu pertimbangkan tentu saja apakah pekerjaan yang akan kamu ambil tersebut sesuai dengan bidang kamu. Memang tak salah untuk mencoba bidang yang bisa jadi di luar keahlian kamu. Jika kamu memilih untuk alih profesi, itu artinya kamu harus mulai dari nol dan pastikan agar calon atasan kamu tak komplain soal itu.
2.    Kredibilitas perusahaan
Kredibilitas dan prestasi perusahaan berdampak baik untuk karir kamu selanjutnya. Jadi, jika memungkin, pilihlah perusahaan besar yang sudah punya nama atau berprospek bagus. Memang hal ini tak selalu harus jadi patokan juga. Akan tetapi, biasanya perusahaan besar pastilah punya fasilitas oke juga. Pastikan juga penyediaan asuransi maupun BPJS Ketenagakerjaan diberikan bagi karyawan.
3.    Gaji
Tak dipungkiri bahwa mempertimbangkan gaji adalah salah satu pertimbangan yang paling menggiurkan. Gaji menentukan kesejahteraan seorang karyawan. Namun, memang, pertimbangkan pula beberapa poin lainnya yang akan disebutkan berikutnya.
4.    Lokasi kantor
Lokasi kantor akan menentukan seberapa nyaman dan berfokus kamu bekerja nantinya. Lokasi kantor yang cukup jauh dan menghabiskan waktu hingga berjam-jam hanya akan bikin lelah. Selain itu, bisa jadi kamu sulit untuk fokus menyelesaikan tugas kantor karena sudah terlalu capai.
5.    Pertimbangkan ilmu yang akan diperoleh
Meski perusahaan besar memberikan prestise, namun tak ada salahnya untuk masuk ke perusahaan kecil atau menengah. Ini karena biasanya kamu dapat bereksplorasi lebih jauh dan memberikan pendapat. Ada banyak pengalaman dan ilmu yang akan peroleh – ini karena kamu akan melihat perkembangan perusahaan. Jadi, kamu tahu apa yang membuat perusahaan jadi berkembang ataupun tidak.
Yang pasti, sekali lagi, jangan lupakan juga fasilitas-fasilitas yang akan diberikan. Salah satu yang paling wajib adalah karyawan diikutsertakan dalam program BPJS Ketenagakerjaan dan Jamsostek. Beberapa fasilitas lainnya seperti makan siang ataupun makan malam, asuransi, penggantian uang transport dan sebagainya pun layak kamu pikirkan!

Salam sukses!

2 komentar: