Jumat, 17 Februari 2012

Matriks Pengukuran Social Network Analysis


Social Network Analysis atau yang disingkat dengan SNA merupakan keilmuan untuk memetakan dan mengukur relasi antara orang, grup atau organisasi. SNA juga memiliki metriks ukuran yang ditujukan untuk penelitan untuk setiap individu yang terlibat dalam jaringan, metriks ukuran itu antara lain
1.      Degree centrality
Merupakan konsep dari berapa banyak koneksi langsung kepada setiap individu yang ada di cluster. Sebagai contoh adalah ketua organisasi atau komunitas.
2.       Betweenness Centrality
Adalah sebuah titik yang bisa dipanggil sebagai broker node, atau penghubung antara dua cluster yang berbeda. Titik ini merupakan jembatan penghubung antara cluster. Tanpa jembatan penghubung ini tidak akan ada aliran informasi antara dua cluster yang berbeda. Sebagai contoh public relation pada sebuah perusahaan, yang menghubungkan dirinya dan orang lain atau perusahaan lain diluar cluster perusahaan tersebut.
3.       Closeness Centrality
Pengukuran kedekatan koneksi dengan semua jaringan yang paling cepat dan dapat memonitor individu yang ada di jaringan. Merupakan orang penting yang terhubung langsung dengan yang memiliki nilai tertinggi degree centrality dan terhubung langsung pula dengan yang memiliki poin tertinggi pada betweenness centrality. Sebagai contoh di perusahaan adalah sekretaris atau asisten atau staf ahli direktur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar