Selasa, 05 April 2016

Persiapan Menjadi Seorang Ayah Ikutan PRENAGEN Pregnancy Educational Journey 2016

Alhamdulillah, pada pernikahan saya ini diberi rizki oleh Alloh seorang anak perempuan yang masih dalam kandungan. Sudah memasuki usia 7 bulan kandungan Istri saya membuat saya sangat senang. Tentunya kesenangan ini harus dengan persiapan matang. Kemaren tepatnya hari sabtu, saya beserta istri menghadiri seminar yang sangat menginspirasi betul untuk bapak-bapak. Walaupun judulnya adalah pregnancy, tapi seorang suami atau calon ayah dari bayi juga perlu ikut mendampingi dan mendengarkan.

Acara ini dibagi menjadi 3 sesi, pertama dengan dr. Boy seorang spesialis kandungan yang menceritakan detil tumbuh kembang janin hingga siap untuk melahirkan. Dari sini saya mendapatkan ilmu mengenai perkembangan janin yang harus disupport dengan nutrisi yang cukup. Nutrisi yang dibutuhkan oleh janin yang dikonsumsi oleh ibu hamil. Kita tahu yang kita takutkan adalah adanya kecacatan pada bayi kita. Menurut dr. Boy hal ini dikarenakan kurangnya kandungan asam folat pada makanan ibu hamil beserta dengan nutrisi lainnya. Oleh karenanya pastikan asupan asam folat dan gizi lainnya tercukupi bagi ibu hamil agar tumbuh kembang janin sempurna.
Sesi yang kedua merupakan sesi psikologi dari master psikolog Roslina Varauli, paling menarik dari sesi ini adalah ujian kesiapan para ibu dengan berbagai macam perlengkapan bayi yang dikemas dalam games. Dan yang penting disini, peran ayah sangat penting agar ibu dan janin terus bahagia. Karena jika ibu terkena stress, maka hormonnya akan menulari bayinya. Begitu juga dengan ayah juga harus ikut bahagia agar istri yang sedang hamil senantiasa berada pada lingkungan yang nyaman dan menyenangkan pada masa kehamilan. Hindari stress dan tidur yang cukup.
Sesi ketiga, merupakan pakar stimulasi anak, Irene F. Mongkar. 1000 hari pertama kehidupan si kecil merupakan hal yang sangat penting untuk memberikan stimulasi terhadap anak. Ini dilakukan untuk mengevaluasi kemampuan dasar si kecil untuk tumbuh kembangnya siap menghadapi dunia. Menariknya disini, ada beberapa hal yang dilakukan yang baik untuk perkembangan anak kadang tabu dilakukan oleh orang tua pada umumnya. Seperti test yang buat si dede bayi kaget, ternyata butuh untuk evaluasi responnya terhadap bahaya.
Selain pembicara di dalam, juga ada sesi kelas di luar ruang seminar yang kita juga bisa bertanya-tanya mengenai makanan untuk ibu hamil, cara menyusui dan mengasuh bayi serta persiapan kehamilan. Banyak ilmu yang bisa saya dapatkan disini, alhamdulillah bertambah ilmu dan wawasan agar saya siap menjadi pendidik dari penerus generasi dari keluarga kecil ini.

2 komentar:

  1. Wah, videonya keren.

    Selamat menjadi ayah terbaik, ya.

    BalasHapus
  2. uwaow banget pokonya

    nitip link
    haha
    http://www.dilandeswara.com/2016/06/nissan-all-new-grand-livina-mobil.html

    BalasHapus