Rabu, 22 Juni 2016

Tips Aman Akses Internet Untuk Anak


Situs Internet Positif
Dengan berkembangnya teknologi saat ini hampir semua orang memiliki gadget yang dengan mudah mengakses internet kapan pun. Selain itu pengguna smartphone atau tablet saat ini tidak hanya didominasi oleh orang dewasa saja namun anak-anak juga sudah banyak yang menggunakan gadget baik tablet maupun smartphone.
Baru-baru ini advan telah mengeluarkan tablet seri terbaru mereka yaitu tablet Advan X7 dengan menggunakan prosesor intel atom X3-C3230RK Quad-core berkecepatan 1 GHz harga tablet advan terbaru ini pun cukup terbilang sangat terjangkau bagi semua kalangan. Tidak heran kalau banyak orang tua yang memberikan hadiah tablet untuk anak-anaknya, namun ada baiknya bagi orang tua untuk melakukan pencegahan melindungi anak dari konten berbahaya. Berikut beberapa tips agar anak aman bermain internet :
  1. Dampingi anak-anak saat mereka menggunakan gadget
  2. Biasanya anak akan merasa tidak nyaman saat orang tua mendampingi, namun posisikan diri anda sebagai teman pada saat anda mendampingi anak-anak. Tanyakan beberapa hal seperti, apa yang sedang mereka lakukan, games apa yang sedang mereka mainkan, dan sebagainya.
  3. Install program yang memungkinkan anda untuk memblokir situs-situs tertentu, sehingga anak-anak tidak akan dengan mudah mengakses situs-situs dewasa.
  4.  Beritahu anak untuk tidak mengupdate atau memposting informasi pribadi mereka di media social. Karena maraknya kejahatan yang saat ini banyak terjadi berawal dari beberapa orang yang terlalu sering mengumbar informasi pribadi mereka di dunia maya.
  5. Melakukan pengaturan keamanan pada gadget anda, berupa PIN pada smartphone dan tablet anda.
  6. Mengisi gadget anda dengan aplikasi-aplikasi yang ramah anak
  7. Berteman dengan anak anda di media social, dengan begitu anda dapat memantau timeline social media mereka. Anda bisa tau dengan siapa saja mereka berteman dan apa yang mereka bahas di media social.


Selain itu bagi para orang tua juga bisa menjelaskan pada anak-anak tentang apa itu internet, fungsinya untuk apa dan bagaimana cara mereka menggunakannya. Jangan lupa untuk memberitahu kepada anak-anak hal-hal yang boleh dan tidak boleh mereka lakukan pada saat menggunakan internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar