Kamis, 02 Juni 2016

Berbagai Aksesoris Kamera Tambahan yang Harus Anda Gunakan



Bila Anda mempunyai kamera digital, tentunya Anda mengetahui bila barang yang satu ini memang begitu sensitif serta memerlukan perawatan yang tidak biasa. Jika ia terlalu lama dibiarkan, berbagai macam bagian kamera akan mengalami penurunan kualitas. Agar dapat menjaga agar hasil jepretan dari kamera Anda tetap baik, Anda dapat menambahkan berbagai macam aksesoris kamera. Aksesoris ini nantinya akan membantu Anda ketika ada dalam kondisi yang tak terduga. Lantas, apa saja aksesoris yang dapat digunakan?

Pertama, tripod. Aksesoris ini merupakan aksesoris yang akan memudahkan Anda untuk mengambil gambar dengan kecepatan yang lambat. Jika saat malam haru kondisi cahaya kurang, aksesoris ini akan membantu Anda. Tripod sendiri terbagi dalam berbagai macam jenis ada tripod, monopod, hingga gorilla pod. Antara ketiga jenis ini, tripodlah yang paling populer. Anda hanya tinggal mencari yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, saat Anda ingin melakukan pembelian tripod, Anda harus yakin jika tripod yang Anda beli dapat menahan kamera dengan kuat. Lebih baik cek fleksibilitas semua bagian apakah dapat berfungsi dengan baik atau tidak.

Kedua, vertical grip. Benda ini merupakan tambahan body kamera yang digunakan untuk mempermudah genggaman ketika memotret saat berada di posisi vertical. Selain itu, alat ini dapat berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan baterai cadangan Anda. banyak orang yang menggunakan aksesoris kamera ini agar gambar yang mereka hasilkan tidak miring. Anda dapat membandingkan gambar yang menggunakan vertical grip dan gambar yang tidak menggunakan. Salah satu kekurangan ketika menggunakan vertical grip ini ialah kamera akan terlihat lebih besar dibanding dengan sebelumnya.

Ketiga ialah flash eksternal. Jika saat memotret Anda tidak memiliki cahaya yang cukup, Anda dapat menggunakan flash ini. Biasanya pada kamera memang sudah terdapat flash, namun flash yang berada di sini tidak cukup untuk menerangi sebuah objek. Oleh sebab itu, tambahan untuk flash eksternal begitu dibutuhkan. Alasan utama untuk menggunakan flash eksternal ini ialah untuk penghematan baterai dan menjaga umur flash internal yang Anda miliki. Saat menggunakan flash eksternal, Anda malah dapat mengontrol cahaya yang dikenakan pada objek.

Berikutnya ialah tas kamera. Tas kamera begitu penting jika Anda memiliki kamera, terlebih untuk kamera DSLR. Selain sebagai sebuah pelindung, tas ini juga bisa Anda gunakan untuk tempat penyimpanan aksesoris yang lain. Jika Anda ingin memilih tas kamera. Lebih baik memilih yang memiliki ukuran gabus tebal yang berada di dalamnya. Gabus tebal ini nantinya akan memberi perlindungan ekstra saat tas Anda mengalami sebuah benturan. Ada berbagai macam bentuk tas kamera yang sesuai dengan jenisnya. Anda dapat menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan Anda. hindari membeli tas yang besar, hindari pula membeli tas yang terlalu kecil karena dapat mematahkan semua isinya.

Aksesoris kamera yang terakhir ialah shutter release. Jika Anda hobi untuk memotret gambar yang bergerak seperti memotret mobil saat malam hari maupun kembang api, lebih baik Anda membeli aksesoris yang satu ini. Ia memiliki nama shutter release. Bagaimana cara kerja penggunaannya? Ia hampir memiliki cara kerja yang sama dengan tombol shutter yang berada di kamera. Salah satu perbedaannya ialah dengan alat ini Anda tidak perlu lagi untuk memegangi kamera. Hasil jepretan Anda tidak akan goyang. Hasil kerjanya hampir sama saat Anda menggunakan tripod untuk memotret.

1 komentar: