Rabu, 11 Agustus 2021

Monte Carlo Simulation : Prinsip dasar dan penerapan random dalam penyelesaian masalah noise pada citra

 Memang saat ini penelitian saya banyak mengacu dan lebih banyak membaca hal-hal yang berurusan dengan deep learning. Sampai pada akhirnya ketika membaca paper dari Cheng Du, bahwasanya rekonstruksi citra mereka menggunakan Monte Carlo untuk mereduksi noise, sehingga muncul pertanyaan binatang apa monte carlo ini. Dari sekian hasil pencarian google akhirnya saya menemukan video yang pas untuk penjelasan monte carlo dan bagaimana dia bisa menghilangkan noise atau blur pada gambar.



Di video tersebut diperlihatkan bagaimana bola secara random di jatuhkan di antara wadah linkaran dan kotak, kemudian diperhitungkan berapa peluang bola masuk ke wadah lingkaran dan wadah kotak. misal a merupakan sisi dan radius wadah. maka peluang bola masuk ke wadah lingkaran adalah = luas lingkaran/luas kotak = pi*a^2/a^2 = pi. Sehingga peluangnya ada pi untuk masuk ke wadah lingkaran. Terlihat semakin banyak random jatuhan bola, maka akan semakin mendekati nilai pi. Sehingga kesimpulannya semakin banyak nilai random yang diambil maka akan semakin baik nilainya. Dengan syarat pengambilan sampel random harus unbiased(tidak memihak).

Contoh lainnya pada gambar adalah dengan mengambil random pencahayaan sehingga akan didapatkan hasil citra yang baik. Jika diterapkan di rekonstruksi citra, kita tahu fMRI banyak sekali noise nya sehingga wajar kita akan menggunakan denoising Monte Carlo setelah citra dibangkitkan dari perekaman fMRI. Pertanyaan selanjutnya adalah, nilai random unbias seperti apa yang diambil sebagai parameter denoising nya? apakah diambil dari stimulus langsung? maka sudah ada yang membuatnya di postingan ini. Atau benar-benar random dari berbagai bahan gambar yang benar benar unbias agar denoise benar benar independen dari stimulus? tapi akan memakan banyak resource komputasi, yang jelas solusi paling cepat adalah solusi pertama, dengan menggunakan stimulus, karena denoising ini seperti mencari master anak kunci yang cocok dengan gemboknya, dan yang paling cepat adalah membuat duplikat yang mendekati anak kunci asli. Atau kita gunakan saja threshold seperti ini? Tinggal coba semuanya mana yang lebih baik.
Karena GAN, membangkitkan citra dari noise random, dan berkait erat dengan monte carlo. Maka gambarnya bisa disempurnakan dengan cara denoising monte carlo dengan menggunakan GAN, dimana diskriminator nya bertindak sebagai pemeriksa bentuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar