Minggu, 15 Agustus 2021

Principal Component Analysis (PCA) dan Analysis of Variance (ANOVA) dalam Citra

Hasil diskusi dengna pa ibnu, untuk menentukan jumlah layer bisa digunakan PCA, sedangkan untuk melakukan pengecekan linearitas menggunakan ANOVA. Disisi lain PCA digunakan juga untuk rekonstruksi citra.

Kata pa ibnu :

Kalau yg usulan sy, dicari berdasar datasetnya. Buat nentuin jumlah hidden layer dicari menggunakan pca, kemudian jml neuron tiap hidden layer menggunakan pengklasteran k-means dan kriteria elbow. Sblmnya harus diuji linieritasnya dulu untuk tiap2 atribut input dan output.

Kalau di spss pakai anova, sy tinggal pakai sj sih. Semakin byk yg hubungannya linier, diduga kebutuhan varian kumulatif pca berkurang, nantinya akan berpengaruh pada kebutuhan jumlah hidden layer.

kalau klasifikasi biner ambil cutoff sekitar 40%, kalau multi kelas 60-70%.kalau regresi ambil di atas 80%. nah misal kita ambil cutoff 70% itu butuh 4 komponen, berarti jumlah hidden layernya kita ambil 4 dulu. Btw, mengenai data linier bisa dicoba Dendrite Net bisa dikembangkan dari yang sudah published DNR yang mengolah time series atau data sekuensial. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar